Friday, July 22, 2016

Mengapa saya tidak tertarik dengan public health?

Mengapa saya tidak tertarik dengan public health? Sebenarnya sebelum membaca artikel tentang three domains of public health, saya tidak begitu tertarik ttg public health. Karena sebenarnya saya tidak mengerti apa yang sebenarnya dilakukan di dalam public health, dalam pikiran saya seorang dokter hanya bekerja sebagai klinisi. mungkin ini dikarenakan dari awal masuk ke fakultas kedokteran, mahasiswa selalu dipaparkan tentang hal hal medis dan hanya sedikit ttg public health, sehingga yang dipikirkan kedepannya hanya tentang ilmu-ilmu medis saja. 
Setelah membaca ttg three domains of public health, sebenarnya sebagai seorang dokter yang bekerja sebagai klinisi pun membutuhkan untuk mempelajari public health. dilihat dari tiga kunci utama tentang public health yaitu promosi, proteksi,dan kualitas pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan sebagai seorang dokter. Dimana sekarang berlaku sistem bpjs, dimana sebagai seorang dokter pelayanan primer(pekerjaan kita setelah lulus nanti) dituntut dapat melakukan promosi dan prevensi di masyarakat. Selain itu, sebagai dokter pelayanan primer yang terkenal dengan fasilitas kesehatan yang kurang memadai, dengan mempelajari public health, mungkin kita bisa mendapatkan suatu hal yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan walaupun memiliki suatu keterbatasan.

Kirantri Larasati 

No comments:

Post a Comment