Thursday, July 28, 2016

Mengapa Saya Tidak Tertarik dengan Public Health

Yang langsung terpikir saat mendengar kata Public Health adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah atau program-program kesehatan yang sepertinya sulit atau rumit. Bagi saya hal ini merupakan sebuah vicious cirlce di mana saya tidak tertarik karena terlihat rumit, terasa rumit karena tidak saya mengerti/pelajari, dan tidak saya pelajari karena saya kurang tertarik. 

Sesungguhnya ada hal-hal tertentu pada Ilmu Kesehatan Masyarakat yang menurut saya menarik dan saya akui perlu dikuasai, namun karena saya lebih senang dengan hal-hal yang klinis dan praktikal, saya cenderung lebih tertarik untuk fokus pada program-program kesehatan yang proses realisasinya lebih mudah dan bisa berefek langsung. Saya menyukai proses pembelajaran dengan memilih tema yang memang disenangi, karena lebih mudah diserap dan tidak hanya menjadi sekadar tugas yang berlalu begitu saja, tetapi dibaca dan dimengerti karena memang penasaran dan tertarik. Semoga saya pun lebih banyak lagi menemukan kesenangan dalam menerapkan kesehatan masyarakat di masa yang akan datang.

Ruth S. A.

No comments:

Post a Comment