Friday, July 22, 2016

Mengapa saya tidak tertarik dengan Public Health?


Sejujurnya saya tidak begitu mengerti proses spesifik pada public health. Beberapa domain yang sebelumnya saya baca agaknya erat bersinggungan dengan praktek dokter misalnya saat di puskesmas. Jadi saya merasa, untuk spesifik public health nya saya kurang tertarik. Namun jika dikaitkan ke contoh nyata praktek dokter di Puskesmas saya rasa hal tersebut lumayan menarik. 

Pengumpulan data penyakit, skrining masyarakat, kelas-kelas edukasi, pemberdayaan ibu-ibu PKK, konseling, dsb.. saya rasa merupakan bagian dari public health. 

Public health adalah bagian dari praktek kedokteran kita. Jadi sudah sewajarnya kita mulai sedikit-sedikit mencari tahu event atau modal apa yang bisa kita lakukan untuk kesehatan masyarakat terutama promosi dan prevensi. 

Saya berasumsi, kurang tertarik nya kita adalah karena kurang kepedulian. Selama sekolah kedokteran kita bersinggungan dengan orang-orang di kampus dan tempat tinggal kita saja. Maka marilah kita semakin peduli, menengok kanan kiri dan membantu sebisa kita. 

Andinillahi Raswati 

No comments:

Post a Comment